Gambaran Umum Wilayah Kabupaten Buleleng

Kabupaten Buleleng terdiri dari 9 kecamatan dengan 129 desa definitif dan 19 kelurahan, 550 dusun dan 58 lingkungan, dimana jumlah penduduk tahun 2008 mencapai 650.237 jiwa

GEOGRAFIS

Kabupaten Buleleng terletak di belahan utara pulau Bali memanjang dari barat ke timur dan mempunyai pantai sepanjang 144 km, secara geografis terletak pada posisi 8° 03’ 40” – 8° 23’ 00” lintang selatan dan 114° 25’ 55” – 115° 27’ 28” bujur timur, terdiri dari 9 kecamatan dengan 129 desa definitif dan 19 kelurahan.

Gambar 2. Peta Wilayah Kabupaten Buleleng

Kabupaten Buleleng berbatasan dengan Kabupaten Jembrana di bagian barat, laut Jawa/Bali di bagian utara, dengan Kabupaten Karangasem di bagian timur dan di sebelah selatan berbatasan dengan 4 (empat) kabupaten, yaitu Kabupaten Jembrana, Tabanan, Badung dan Bangli.

Secara keseluruhan luas wilayah Kabupaten Buleleng 136.588 hektar atau 24.25% dari luas Propinsi Bali. Sebagian besar wilayah Kabupaten Buleleng merupakan daerah berbukit yang membentang di bagian selatan, sedangkan di bagian utara yakni merupakan dataran rendah.

Kabupaten Buleleng memiliki iklim laut tropis yang dipengaruhi oleh angin musim dan terdapat musim kemarau dan penghujan. Curah hujan terendah di di daerah pantai dan tertinggi di daerah pegunungan.

KEPENDUDUKAN

Jumlah penduduk kabupaten Buleleng pada tahun 2008 mencapai 650.237 jiwa, komposisinya terdiri dari 325.678 jiwa laki-laki dan 324.559 jiwa perempuan dengan sex ratio adalah 100,34.

Ditinjau dari persebarannya, sebagian besar penduduk berada di Kecamatan Buleleng. Kepadatan penduduk di wilayah ini mencapai 2.561. Angka tersebut di atas angka kepadatan penduduk Kabupaten Buleleng yaitu 476.

Jika dilihat berdasarkan kelompok umur, komposisinya adalah penduduk usia 0-14 tahun besarnya 23,91%, penduduk usia 15-64 mencapai 68,69%, sedangkan usia 65+ sebesar 7,40%. Kecamatan dengan jumlah penduduk tertinggi adalah kecamatan Buleleng yaitu 120.228 jiwa.

SUMBER DAYA KESEHATAN

Sarana Pelayanan Kesehatan

            Pembangunan kesehatan yang sudah dilaksanakan dalam dasa warsa terakhir di Kabupaten Buleleng secara umum telah menunjukkan terjadinya peningkatan terhadap derajat kesehatan masyarakat. Seiring dengan laju pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat dan luasnya daerah kabupaten Buleleng, pemerintah berusaha mengembangkan dan mendekatkan layanan kesehatan ke tengah-tengah masyarakat.

Jumlah sarana pelayanan kesehatan yang ada di Kabupaten Buleleng dapat dilihat pada Tabel 1.

Gambar 3. Kegiatan Layanan Mobile IMS (Infeksi Menular Seksual) dilakukan secara  rutin pada lokasi populasi kunci Pengulon oleh Klinik IMS Puskesmas Gerokgak II

 

Tenaga Terlatih dalam penanganan HIV/AIDS (VCT, CST dan PMTCT).

Tenaga terlatih di Kabupaten Buleleng meliputi :

  • Konselor Profesional                          : 30 orang
  • Konselor Dasar                                   : 27 orang
  • Dokter CST Rumah Sakit                  : 1 orang
  • Perawat CST Rumah Sakit                : 1 orang
  • Dokter PMTCT Rumah Sakit            : 2 orang
  • Bidan PMTCT Rumah Sakit              : 2 orang
  • Manager Case Klinik VCT                  : 1 orang
  • Tenaga Laboratorium                         : 2 orang
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s