Upaya Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Buleleng

Pemerintah Kabupaten Buleleng mengambil kebijakan untuk mengatur penanggulangan HIV / AIDS dalam suatu peraturan daerah yaitu Perda No 5 Tahun 2007 tentang Penanggulangan HIV/AIDS

Komitmen pemerintah Kabupaten Buleleng dalam penanggulangan HIV/AIDS tidak diragukan lagi. Program dilaksanakan secara komprehensif artinya adalah pada tempat-tempat dimana terjadi penularan, dilaksanakan program mulai dari pencegahan, perawatan, dukungan dan pengobatan serta mitigasi didukung oleh kebijakan yang memberdayakan masyarakat untuk secara mandiri menanggulangi masalah HIV dan AIDS. Program komprehensif juga berarti pelibatan seluruh komponen masyarakat termasuk sektor-sektor pemerintah dan swasta, juga aparat-aparat setempat.

Dengan demikian penduduk yang paling berisiko tertular HIV dapat mengakses informasi dan layanan kesehatan, sementara stigma dan diskriminasi dapat dihilangkan. Program komprehensif dilaksanakan untuk mengatasi semua penyebab penularan,baik melalui penggunaan narkoba suntik, transmisi seksual, maupun penularan dari ibu ke bayi. Pelaksanaan program yang komprehensif menerapkan prinsip-prinsip kewaspadaan universal dan berorientasi pada integrasi pemberian layanan kesehatan dalam sistem yang sudah ada. Dengan demikian pelaksanaan program dapat dipantau serta didukung pada tingkat nasional. Tujuan program komprehensif adalah tercapainya akses universal pada tahun 2010, dalam rangka pencapaian tujuan-tujuan Millenium Development Goals tahun 2015.

Upaya pencegahan juga telah dilakukan bersamaan dengan intervensi kesehatan masyarakat. Program pencegahan bertujuan untuk meningkatkan perilaku aman dari tertular HIV. Remaja dan orang muda adalah penduduk paling rentan tertular HIV. Upaya pencegahan termasuk promosi abstinensi – tidak berhubungan seks sebelum menikah, saling setia – hanya berhubungan seks dengan pasangan sahnya, dan terakhir, penggunaan kondom – jika tidak mampu menahan tidak berhubungan seks dengan bukan pasangan.

Melalui Keputusan Bupati Buleleng dibentuklah Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dalam Pembentukan dan Susunan Keanggotaan KPA Kabupaten Buleleng No 286 Tahun 1999, kemudian diperbaharui melalui Keputusan Bupati Buleleng No.197 Tahun 2002, dan  diperbaharui lagi melalui Keputusan Bupati Buleleng No. 422 Tahun 2005. Pendanaan untuk kegiatan penanggulangan AIDS terus ditingkatkan melalui APBD Kabupaten Buleleng.

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) adalah lembaga yang bertugas merumuskan kebijakan dan melakukan koordinasi dalam penanggulangan HIV/AIDS di Buleleng. KPA melakukan koordinasi dengan instansi-intansi pemerintahan yang ada di Buleleng. Dalam merumuskan kebijakan dalam penanggulangan HIV dan AIDS, Pemerintah Kabupaten Buleleng mengambil kebijakan untuk mengatur penanggulangan HIV / AIDS dalam suatu peraturan daerah yaitu Perda No 5 Tahun 2007 tentang Penanggulangan HIV/AIDS, dengan Perda ini diharapkan mampu melindungi masyarakat dari HIV/AIDS.

Berbagai program juga telah dilaksanakan seperti salah satunya membentuk dan melatih Guru Pembina KSPAN (Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba) di seluruh sekolah SMP dan SMA/SMK Negeri dan Swasta se-Kabupaten Buleleng serta pelatihan tutor sebaya KSPAN SMP dan SMA, pelatihan konselor profesional dan konselor dasar bagi petugas kesehatan, pelatihan KDPA (Kader Desa Peduli AIDS). Program pencegahan juga dilakukan dengan penjangkauan pada penduduk paling berisiko, mulai dari pemberian informasi langsung, perubahan perilaku (penggunaan kondom yang konsisten untuk setiap perilaku seksual berisiko, layanan konsultasi dan tes sukarela, perawatan dan dukungan bagi ODHA dengan adanya klinik VCT di RSUD Singaraja dan Puskesmas, CST dan klinik PMTCT di RSUD Singaraja, serta pengobatan infeksi menular seksual dengan adanya klinik IMS di Puskesmas Sawan I, Puskesmas Seririt I dan Puskesmas Gerokgak II. Selain itu di seluruh Puskesmas di Kabupaten Buleleng sudah ada petugas konselor terlatih yang siap dalam pelayanan konseling bagi masyarakat yang membutuhkan.

Pada saat ini ada dua LSM di Kabupaten Buleleng yang berkecimpung dibidang HIV/AIDS, yaitu Yayasan Citra Usadha Indonesia (YCUI), dan Yayasan Gaya Dewata. Sedangkan tiga Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) telah terbentuk di Kabupaten Buleleng yaitu KDS Tali Kasih, KDS Kosala, dan KDS Mitra Sehati.

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), instansi terkait dan semua komponen masyarakat termasuk LSM peduli AIDS, secara bersama-sama melakukan langkah-langkah nyata antara lain :

A. Manajemen Program

  1. Pertemuan Lintas Sektor
  2. Rapat Rutin KPA
  3. Pengolahan & Analisa Data
  4. Hari AIDS se-Dunia
  5. Jambore KSPAN

B. Pelayanan Kesehatan

  1. Pelatihan VCT
  2. Pelatihan CST
  3. Pelatihan HR
  4. Pelatihan Tatalaksana IMS
  5. Pelayanan Klinik VCT
  6. Pelayanan CST bagi ODHA
  7. Pelayanan Klinik PMTCT
  8. Pelayanan Terapi Rumatan Methadone (PTRM)
  9. Penjangkauan dan Pendampingan
  10. Pelayanan Klinik IMS
  11. Pengobatan IMS
  12. Promosi Kondom
  13. Pelatihan Konselor
  14. Pelatihan Guru Pembina KS-PAN (Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba)
  15. Pelatihan Peer Edukator bagi Siswa KSPAN
  16. Pelatihan Peer Edukator bagi Karang Taruna dan KDPA (Kader Desa Peduli AIDS)

C. Komunikasi, Informasi dan Edukasi

  1. Penyuluhan bagi Karang Taruna
  2. Penyuluhan bagi warga binaan LAPAS
  3. Penyuluhan bagi Siswa Sekolah
  4. Penyuluhan bagi Dharma Wanita
  5. Penyuluhan massa
  6. Sosialisasi HIV/AIDS dan PMTCT bagi Bidan
  7. Sosialisasi HIV/AIDS dan PMTCT bagi Ibu Hamil
  8. Media KIE (Media cetak, Radio Spot, dan Dialog Interaktif

Penguatan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) di semua tingkat dan kelompok-kelompok kerja penanggulangan AIDS (Pokja AIDS) di semua sektor akan diteruskan agar mampu memimpin, mengkoordinasikan implementasi, monitoring dan evaluasi.


Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s